Breaking News
Loading...
Friday, March 15, 2013

3 Lukisan Misterius yang Ada di Indonesia

Barang seni biasanya mempunyai nilai yang tidak terduga dan tidak ada batas nilai yang tegas. Demkian pula dengan lukisan biasanya hasil garapan maestro pelukis tertentu menjadi perburuan kolektor lukisan dan nantinya bisa sebagai investasi yang dijual mahal.
Di Indonesia ada 3 lukisan yang masih menjadi misteri tentang nama pelukisnya.


1. Lukisan tangan pertama di Sulawesi Selatan


Lukisan tangan di goa ini pertama kali ditemukan oleh C.H.M. Heeren-Palm pada tahun 1950 di Leang PattaE. Didalam goa ini kamu akan melihat sebuah lukisan yang sedikit aneh dengan beberapa cap cap tangan dengan latar belakang lukisan berwarna merah. Diyakini jika cap tangan ini merupakan tangan kiri perempua yang membuat lukisan ini namun sampai saat ini masih belum diketahui siapa yang telah membuat lukisan di gua ini. 

 2. Lukisan Anoa di Gua Sumpangbita


Foto di atas adalah lukisan Anoa yang terukir pada dinding Gua Sumpangbita, Pangkep, Sulawesi Selatan.


3. Lukisan misterius di Maluku
Di Maluku, penemu lukisan dinding gua adalah J. Roder pada tahun 1937. Roder menemuan lukisan gua sebanyak 100 buah di Pulau Seram, pada dinding karang di atas Sungai Tala. Lukisan yang ditemukan Roder ditaksirkan berupa gambar-gambar rusa, burung, manusia, perahu, lambang matahari, dan mata. Selain ditemukan di Pulau Seram, lukisan cadas juga ditemukan di Kepulauan Kei. Dimana lukisan pada Kepulauan Kei terukir pada tebing batu karang setinggi 5-10 meter di atas permukaan laut. Lukisan-lukisan yang ditemukan di Kepulauan Kei pada umumnya hanya berupa garis lurus saja, tetapi ada yang diberi warna pada bagian dalamnya, khususnya untuk gambar manusia. Kecuali manusia dengan berbagai adegan (menari, berperang, memegang perisai, dan jongkok dengan kedua tangan terangkat), ada pula pola topeng, burung, perahu, matahari, dan bentuk geometrik.

Siapa yang menggambar lukisan tersebut ? masih misterius sampai saat ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer