Breaking News
Loading...
Wednesday, April 24, 2013

10 Jembatan Terindah di Dunia

8:58 AM
Jembatan berfungsi untuk menghubungkan satu tempat ke tempat lain. Dalam wujudnya jembatan ada yang hanya bersifat fungsional berupa jalan yang diberi pengaman sekedarnya pada sisi jembatan tersebut. Di beberapa kota dunia, jembatan dikembangkan dengan nilai seni dan bercir khas sebagai trade mark atau landmark suatu kota atau negara.   

Berikut ini disampaikan 10 Jembatan dengan biaya pembangunan lebih mahal dari yang standar sehingga menjadikan jembatan ini sebagai jembatan paling indah dan sekaligus unik di dunia.

1. Banpo Bridge (Korea Selatan)

Banpo Bridge (Korea Selatan)

Jembatan ini di bangun pada 9 September 2008, jembatan ini sunguh indah sekali sebab di setiap sisi jembatan di beri sekitar 10.000 air mancur yang memancurkan air 190 ton air per menit yang di ambil dari sungai di bawahnya.

2. Millau Bridge (France)

Millau Bridge (France)

Jembatan di Prancis ini memiliki ketingian yang melebihi menara Eiffel mengendarai kendaraan di jembatan ini merasakan seolah olah terbang di atas awan. Jembatan ini diselesaikan dalam waktu tiga tahun dan dibuka untuk umum pada tahun 2004, he Millau Bridge memiliki total panjang 8.071-ft dengan span tunggal terpanjang di 1.122-ft dan maksimum berat yang di izinkan adalah 886-ft , Jika kamu melintasi jembatan ini maka dapat dilihat pemandangan indah di bawah jembatan.  ini juga merupakan jembatan tertinggi di dunia.

3. Henderson Waves (Singapura)

Henderson Waves (Singapura)

Jembatan ini memiliki tinggi 36 meter dari bawah jalan yang menjadikan jembatan ini tertinggi di Singapura Selain itu jembatan ini memiliki desain yang cukup indah untuk dipandang mata.

4. Hangzhou Bay Bridge (Cina)

Hangzhou Bay Bridge (Cina)

Hangzhou Bay Bridge adalah sebuah jembatan jalan raya panjang dengan bagian kabel-tinggal di Hangzhou Bay di wilayah pesisir timur Cina. Ini menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di provinsi Zhejiang panjangnya 35,673 km (22 mil) , Hangzhou Bay Bridge adalah salah satu jembatan trans-samudera terpanjang di dunia. Pembangunan jembatan itu selesai pada 14 Juni 2007, dan upacara pembukaan diadakan pada tanggal 26 Juni 2007. Jembatan itu tidak dibuka untuk publik sampai 1 Mei 2008, setelah jangka waktu yang cukup pengujian dan evaluasi jembatan ini akhirnya di buka untuk umum. Jembatan ini memperpendek jarak perjalanan antara jalan raya Ningbo dan Shanghai dari 400 km (249 mil) untuk 280 km (174 mil ) dan waktu tempuh berkurang 4-2,5 jam.

5. Rolling Bridge (UK)

Rolling Bridge (UK)

Jembatan ini dirancang oleh Heatherwick Studio,Jembatan ini berada ditemukan di kota London. Jembatan ini dapat membuka dan menutup sendiri secara konvesional untuk memberikan jalan perahu lewat.

6. Oliveira Bridge (Brasil)

Oliveira Bridge (Brasil)

Jembatan ini merupakan jembatan satu satunya di Dunia berbentuk X dengan Kabel Jembatan berupa dua jalur disilangkan, Jembatan berada diatas Sungai Pinheiros di São Paulo Brazil dan dibuka pada Mei 2008. jembatan ini memiliki ketinggian 138 meter yang  menghubungkan antara Pinheiros Marjinal Jornalista Roberto Marinho Avenu.

7. Wind and Rain Bridge (China)

Wind and Rain Bridge (China)

Wind and Rain Bridge melambangkan arsitektur dari orang minoritas Dong. Jembatan ini merupakan jembatan terkenal di Sanjiang County Liuzhou, Provinsi Guangxi. Jembatan yang memiliki panjang 50 meter ini pertamakali di bangun pada tahun 1894 pada masa dinasti Qing lebih dari 100 tahun yang lalu. Namun saat kebakaran besar pada tahun 1959 telah  menghancurkan bangunan ini.Jembatan ini dibangun kembali pada tahun pada tahun 1964.

8. Tower Bridge (Inggris)

Tower Bridge (Inggris)

Tower Bridge merupakan jembatan paling terkenal yang membentang di atas Sungai Thames di London, Inggris Raya. Jembatan ini menggabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung. Letaknya yang berdekatan dengan London Tower membuat jembatan ini diberi nama Tower Bridge. Jembatan ini selesai dibangun tahun 1894, dan merupakan salah satu ikon kota London. Jembatan Menara adalah salah satu jembatan yang dimiliki dan dikelola oleh Bridge House Estates, sebuah lembaga amal dari City of London Corporation.

Jembatan ini terdiri dari dua bangunan menara yang dihubungkan di tingkat atas oleh dua koridor untuk pejalan kaki. Dari koridor untuk pejalan kaki yang berada 42 meter di atas Sungai Thames, pengunjung dapat menikmati keindahan kota London dari atas. Pemandangan yang bisa dilihat berupa Katedral St. Paul, pusat bisnis dan belanja Canary Wharf, dan London Eye.

9. Ponte Vecchio (Italia)

Ponte Vecchio (Italia)

Jembatan ini merupakan jembatan wisata paling terkenal di italia.Jembatan ini dibangun dengan mengunakan batu sepenuhnya. Jembatan ini juga merupakan jembatan batu tertua di dunia yang ada saat ini, awalnya jembatan ini dibangun dari kayu tetapi hancur oleh banjir pada tahun 1333, dan dua belas tahun kemudian dibangun kembali dengan menggunakan batu.

10. Jembatan Nasional Suramadu (Indonesia)

Jembatan Nasional Suramadu (Indonesia)

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan melintasi Selat Madura, yang menghubungkan pulau Jawa (di Surabaya) dan pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini adalah jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan terpanjang di Asia Tenggara adalah Jembatan Penang di Malaysia. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian dari jalan layang (jalan lintas), jembatan (jembatan pendekatan), dan jembatan utama.

Konstruksi jembatan didirikan awal oleh Presiden Megawati Sukarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, termasuk infrastruktur dan bidang ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah. Pembuatan  jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, kedua sisi Bangkalan dan Surabaya. Sementara itu, pada saat yang sama juga dibuat konstruksi  rentang tengah jembatan.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer